Sistem Informasi Institut Teknologi Mojosari
Selamat Datang di Website Resmi Program Studi S1 - Sistem Informasi Institut Teknologi Mojosari

10 Alasan Kuliah di Jurusan Sistem Informasi

22 Oktober 2022 Tim Redaksi

Saat ini kita memasuki era revolusi industri 4.0. Dimana teknologi informasi akan mendominasi di setiap lini kehidupan kita. Maka dari itu, lulusan yang menguasai teknologi informasi sangatlah dibutuhkan. Bagi Anda yang saat ini sedang gamang mencari jurusan apa yang cocok di era ini, Sistem Informasi adalah pilihan yang tepat. Sistem Informasi merupakan program studi yang menggabungkan Ilmu Komputer, Manajemen dan Bisnis. Anda akan mempelajari bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang sebuah bisnis. Lulusan dari program studi sistem informasi akan sangat banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Jika masih belum cukup alasan untuk memilih sistem informasi sebagai program studi pilihan Anda, kami telah merangkum 10 alasan mengapa Anda harus kuliah di jurusan sistem informasi. Simak ulasan berikut ini:

1. Lulusan IPS Boleh Daftar

Inilah hal yang membedakan dengan jurusan teknik yang lain. Tidak hanya untuk lulusan IPA, jika kamu lulusan IPS boleh kok daftar di jurusan Sistem Informasi. Tapi jangan senang dulu, tetap banyak mata kuliah yang berhubungan dengan Matematika di jurusan Sistem Informasi, tapi tidak ada lagi mata kuliah bilogi, kimia, fisika, dkk.

2. Mata Kuliah Ilmu Komputer dan Bisnis

Program Studi Sistem Informasi merupakan gabungan dari dua bidang keilmuan, yaitu Ilmu Komputer dan Bisnis. Nah, 2 bidang keilmuan ini sangat penting untuk dipelajari di era revolusi industri 4.0 ini. Lulusan yang menguasai ilmu komputer dan bisnis akan sangat dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan di masa mendatang, Siap-siap ya!

3. Biaya Praktikum yang Murah

Tidak seperti jurusan kuliah lain yang membutuhkan biaya praktikum yang cukup mahal, di jurusan Sistem Informasi biaya praktikum relatif murah. Bahkan sangat murah atau gratis. Karena kebutuhan dasar praktikum jurusan sistem informasi adalah komputer. Dan biasanya komputer sudah disediakan di laboratorium, jadi tidak perlu biaya praktikum tambahan lagi.

4. Kesempatan Magang di Startup

Saat ini bekerja di Stratup adalah cita-cita banyak orang, bagaimana tidak, gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan untuk posisi-posisi tertentu di bidang komputer. Nah, kamu juga akan punya peluang yang sama untuk bekerja di startup, asal kamu punya skill yang matang untuk bekerja di sana. Sebelum kerja di sana, kamu juga punya peluang untuk ikut program magang agar kamu paham culture bekerja di perusahaan startup.

5. Peluang Menjadi Programmer

Programmer adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan saat ini. Gaji yang ditawarkan untuk programmer juga cukup tinggi. Jika kamu ingin jadi programmer, Sistem Informasi adalah pilihan jurusan yang tepat. Kamu akan banyak mempelajari mata kuliah programming selama kuliah. Jika benar-benar ingin jadi programmer, yang serius ya belajar mata kuliah programming-nya.

6. Prospek Karir yang Bagus

Dengan skill yang kamu asah selama kuliah, ketika lulus banyak sekali pilihan karir untuk kamu. Siapkan dari sekarang apakah kamu ingin jadi programmer, analyst, web developer, app developer, project manager, data scientist, dsb. Sangat banyak sekali pilihan karir untuk kamu, jadi siapkan dirimu sebaik mungkin selama kuliah.

7. Bisa Kerja di Semua Bidang

Ini adalah hal yang paling menarik. Kamu bisa bekerja di bidang apapun. Tidak melulu di perusahaan teknologi. Karena saat ini semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan dari jurusan sistem informasi, mungkin kamu salah satunya di masa mendatang!

8. Peluang Kerja di Industri Kreatif

Selain bekerja di sektor formal, jika kamu lulusan Sistem Informasi. Kamu punya peluang sangat besar bekerja di Industri Kreatif. Misal menjadi desainer grafis atau bergabung dengan agensi digital.

9. Bisa Kerja di manapun

Semenjak COVID-19, tren WFH (Work From Home) meningkat. Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya WFH agar penyebaran COVID-19 bisa dipangkas. Nah, untuk kita yang bekerja di sektor teknologi informasi, WFH ini sudah ngetrend sejak lama. Selama ada komputer/laptop, kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Di rumah, kafe, hotel juga bisa yang penting ada laptop dan koneksi internet.

10. Jenjang Pendidikan Jelas

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Sistem Informasi, kamu bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Banyak sekali kampus yang membuka pendidikan Magister atau Doctor dengan program studi yang linier dengan Sistem Informasi. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi jika kamu ingin lebih mendalami Ilmu Komputer, pilihan kampusnya sangat banyak.

Nah, di atas adalah 10 alasan mengapa kamu harus memilih jursan Sistem Informasi. Jika saat ini kamu sedang bingung kuliah di mana, kamu bisa kuliah Institut Teknologi Mojosari Nganjuk. Banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu pilih untuk meringankan biaya selama kuliah. Ayo gabung bersama ITM Nganjuk. Kampus teknologi berbasis pesantren pertama di Kabupaten Nganjuk. Nikmati suasana belajar di lingkungan berbasis pesantren.

SI ITM
Alamat Kampus

Mojosari, Ngepeh, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64471

Media Sosial ITM

Hak Cipta © 2022. Institut Teknologi Mojosari - Nganjuk